Permintaan, Penawaran, dan Harga Pasar 2 (Penawaran)
A. Pengertian Penawaran
Penawaran adalah hubungan antara harga dan jumlah barang yang ditawarkan. Secara lebih spesifik, penawaran menunjukkan seberapa banyak produsen suatu barang mau dan mampu menawarkan per periode pada berbagai kemungkinan tingkat harga, hal lain diasumsikan konstan.
Dalam kurva penawaran, semakin tinggi harga suatu barang maka semakin banyak barang tersebut di tawarkan |
Hukum penawaran menyatakan
bahwa jumlah yang ditawarkan biasanya secara langsung berhubungan dengan
harganya, hal lain diasumsikan konstan. Jadi semakin rendah harganya, jumlah
yang ditawarkan semakin sedikit dan sebaliknya semakin tinggi harganya, semakin
tinggi juga jumlah yang ditawarkan.
B. Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Penawaran
1. Biaya Produksi
Biaya produksi berkaitan dengan biaya yang digunakan dalam proses produksi, seperti biaya untuk membeli bahan baku, biaya untuk gaji pegawai, biaya untuk bahan-bahan penolong, dan sebagainya. Apabila biaya-biaya produksi meningkat, maka harga barang-barang diproduksi akan tinggi. Akibatnya produsen akan menawarkan barang produksinya dalam jumlah yang sedikit. Hal ini disebabkan karena produsen tidak mau rugi. Sebaliknya jika biaya produksi turun, maka produsen akan meningkatkan produksinya. Dengan demikian penawaran juga akan meningkat.
Biaya produksi meliputi biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya pengolahan |
2. Harga Barang itu Sendiri
Apabila harga barang yang ditawarkan mengalami kenaikan,
maka jumlah barang yang ditawarkan juga akan meningkat. Sebaliknya jika barang
yang ditawarkan turun jumlah barang yang ditawarkan penjual juga akan turun.
3. Perkiraan Harga di Masa Depan
Perkiraan harga di masa datang sangat memengaruhi besar
kecilnya jumlah penawaran. Jika perusahaan memperkirakan harga barang dan jasa
naik, sedangkan penghasilan masyarakat tetap, maka perusahaan akan menurunkan
jumlah barang dan jasa yang ditawarkan.
4. Harga Barang Pengganti
Apabila harga barang pengganti meningkat maka penjual akan meningkatkan jumlah barang yang ditawarkan. Penjual berharap, konsumen akan beralih dari barang pengganti ke barang lain yang ditawarkan, karena harganya lebih rendah.
Contoh barang pengganti (substistusi) yaitu ketika harga beras tinggi maka pembeli bisa mencari barang lain misalnya jagung yang harganya lebih rendah. |
5. Pajak
Pajak yang merupakan ketetapan pemerintah terhadap suatu
produk sangat berpengaruh terhadap tinggi rendahnya harga. Jika suatu barang
tersebut menjadi tinggi, akibatnya permintaan akan berkurang, sehingga
penawaran juga akan berkurang.
6. Kemajuan Teknologi
Kemajuan teknologi sangat berpengaruh terhadap besar
kecilnya barang yang ditawarkan. Adanya teknologi yang lebih modern akan
memudahkan produsen dalam menghasilkan barang dan jasa. Selain itu dengan
menggunakan mesin-mesin modern akan menurunkan biaya produksi dan akan
memudahkan produsen untuk menjual barang dengan jumlah yang banyak.
C. Perubahan Keseimbangan Pasar
Keseimbangan pasar adalah terbentuknya suatu harga keseimbangan, harga keseimbangan itu adalah harga dimana konsumen atau produsen sama-sama tidak ingin menambah atau mengurangi barang/jasa yang dijual atau dikonsumsi.
Pada kondisi keseimbangan pasar (market equilibrium), kuantitas permintaan (QD) akan sama dengan kuantitas penawaran (QS) atau terbentuk kuantitas keseimbangan (QE). Harga yang diminta (PD) pun akan sama dengan harga yang ditawarkan (PS) sehingga terbentuk harga keseimbangan (PE). Secara grafik harga keseimbangan ini terjadi pada titik potong antara kurva permintaan dengan kurva penawaran (titik E/titik equilibrium).
Sebagai contoh kita pakai harga keseimbangan bakso. Dapat dilihat dalam tabel permintaan dan penawaran bahwa harga keseimbangan bakso adalah Rp16.000,00 dan kuantitas keseimbangan adalah 160 mangkok.
Maka bentuk kurva keseimbangan pasar bakso adalah sebagai berikut :Perubahan keseimbangan pasar terjadi bila ada perubahaan di
sisi permintaan dan atau penawaran. Jika faktor yang menyebabkan perubahan
adalah harga, keseimbangan akan kembali ke titik awal. Tetapi jika yang berubah
adalah faktor-faktor ceteris paribus seperti teknologi untuk sisi penawaran,
atau pendapatan untuk sisi permintaan, keseimbangan tidak kembali ke titik
awal.
D. Keseimbangan Permintaan Dan Penawaran
Dalam ilmu ekonomi, harga keseimbangan atau harga
ekuilibrium adalah harga yang terbentuk pada titik pertemuan kurva permintaan
dan kurva penawaran. Terbentuknya harga dan kuantitas keseimbangan di pasar
merupakan hasil kesepakatan antara pembeli (konsumen) dan penjual (produsen) di
mana kuantitas yang diminta dan yang ditawarkan sama besarnya. Jika
keseimbangan ini telah tercapai, biasanya titik keseimbangan ini akan bertahan
lama dan menjadi patokan pihak pembeli dan pihak penjual dalam menentukan
harga.
Dengan kata lain Harga keseimbangan adalah harga dimana baik
konsumen maupun produsen sama-sama tidak ingin menambah atau mengurangi jumlah
yang dikonsumsi atau dijual. Permintaan sama dengan penawaran. Jika harga
dibawah harga keseimbangan, terjadi kelebihan permintaan. Sebab permintaan akan
meningkat, dan penawaran menjadi berkurang. Sebaliknya jika harga melebihi
harga keseimbangan, terjadi kelebihan penawaran. Jumlah penawaran meningkat,
jumlah permintaan menurun.
1. Hubungan antara harga dan jumlah barang yang ditawarkan, disebut ...?
Harga pasar
Permintaan
Penawaran
Harga Keseimbangan
2. Hukum penawaran menyatakan bahwa jumlah yang ditawarkan biasanya secara langsung berhubungan dengan harganya. Jadi semakin rendah harganya, jumlah yang ditawarkan semakin ...?
Banyak
Sedikit
Meningkat
Melimpah
3. Berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran, kecuali ...?
Jumlah penduduk
Biaya produksi
harga barang pengganti
Pajak
4. Dibawah ini adalah tabel harga buku tulis, berdasarkan tabel tersebut harga keseimbangan buku tulis yaitu pada harga ....? 2000 rupiah
3000 Rupiah
4000 Rupiah
5000 Rupiah
5. Harga yang terbentuk pada titik pertemuan kurva permintaan dan kurva penawaran disebut ...?
Harga pasaran
Harga penawaran
Harga Permintaan
Harga equilibrium
Comments
Post a Comment