Integrasi Sosial

 

A. Pengertian Integrasi Sosial

Integrasi sosial merupakan situasi dimana kelompok-kelompok minoritas tergabung kedalam tatanan sosial masyarakat yang lebih luas. Integrasi sosial ditandai dengan meleburnya nilai, norma dan budaya, dimana hal tersebut membuat individu terhubung dengan kelompok dan komunitas yang lebih besar, tanpa menghilangkan kekhasan masing-masing individu.

Integrasi nasional sebagai bentuk nyata dari integrasi sosial

Integrasi sosial dapat dipandang sebagai suatu elemen yang dapat mengurangi kemungkinan terjadinya konflik sosial pada masyarakat. Integrasi sosial menjadi upaya untuk mencapai keteraturan sosial dalam hidup bermasyarakat.


B. Bentuk dan Contoh Integrasi Sosial

Integrasi sosial pada dasarnya adalah tentang proses menciptakan kehidupan sosial bermasyarakat yang memungkinkan semua orang untuk saling terhubung dan berpartisipasi dalam kehidupan sosial. Integrasi sebagai sebuah proses yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat memiliki dua bentuk, yaitu:

1. Asimilasi

Asimilasi merupakan proses pembentukan kebudayaan baru yang menggantikan kebudayaan asli. Pada proses asimiliasi, bentuk kebudayaan baru lahir guna menyatukan beragam latar belakang sosial kebudayaan yang berbeda-beda.

Dangdut merupakan musik khas Indonesia yang terbentuk dari perpaduan musik India, Melayu dan Arab

Contoh dari asimilasi yang ada di kehidupan sehari-hari kita yaitu musik dangdut. Faktanya, genre musik dangdut merupakan hasil perpaduan kebudayaan musik India, Melayu dan Arab. Perpaduan antara ketiga kebudayaan musik tersebut berhasil melahirkan genre jenis musik tradisional khas bangsa Indonesia yang kita kenal dengan sebutan musik dangdut.

2. Akulturasi

Akulturasi merupakan proses penerimaan unsur-unsur kebudayaan luar tanpa menghilangkan ciri khas kebudayaan asli. Pada proses akulturasi, unsur kebudayaan yang berasal dari luar akan melakukan berbagai penyesuaian-penyesuaian dengan kebudayaan masyarakat lokal guna menciptakan keharmonisan dalam kehidupan sosial bermasyarakat.

Pernikahan campuran antara dua kebudayaan yang berbeda, merupakan bentuk integrasi sosial.

Contoh dari akulturasi budaya dapat kita amati yaitu pernikahan campuran. Pasangan berbeda latar belakang budaya yang memilih untuk menikah pada dasarnya akan saling melakukan penyesuaian budaya dalam kehidupan sehari-harinya, namun begitu masing-masing individu tentunya tidak melupakan budaya asal mereka. Akulturasi budaya dalam pernikahan campuran dapat dipandang sebagai alat untuk menjaga keharmonisan dan menghindari konflik diantara berbagai perbedaan.


C. Faktor Pendorong Terjadinya Integrasi Sosial

1. Faktor Internal

  • Adanya sikap saling menghargai dan toleransi antar individu dan kelompok;
  • Adanya sikap terbuka terhadap perubahan;
  • Adanya kesadaran bahwa manusia sebagai makhluk sosial akan selalu membutuhkan orang lain;
  • Terjadinya kontak dengan kebudayaan lain secara intensif.

2. Faktor Eksternal

  • Adanya pertambahan populasi penduduk yang heterogen/beragam;
  • Adanya sistem pendidikan yang maju;
  • Adanya sistem masyarakat yang terbuka dengan budaya asing;
  • Adanya musuh dari luar kelompok yang harus dihadapi bersama.


D. Faktor Penghambat Integrasi Sosial

1. Faktor Internal

  • Adanya sikap individu/kelompok yang masih sangat tradisional;
  • Adanya ikatan sosial yang rendah antar individu dan kelompok;
  • Adanya sikap curiga dan prasangka terhadap kelompok lain;
  • Adanya sifat primordial: merasa kebudayaan sendiri lebih baik dari kebudayaan lainnya.

2. Faktor eksternal

  • Adanya kesenjangan sosial yang memunculkan kecemburuan sosial antar kelompok;
  • Adanya ketidakmerataan pembangunan;
  • Perkembangan ilmu pengetahuan yang lambat;
  • Adanya sistem masyarakat yang tertutup dengan budaya asing.


E. Syarat Terjadinya Integrasi Sosial

1. Adanya kesadaran kolektif

Kesadaran kolektif mengacu pada kesadaran yang ada pada masing-masing individu maupun kelompok yang berbeda mengenai cara untuk saling memahami dan bertindak. Kesadaran kolektif merupakan kesadaran bahwa manusia adalah makhluk sosial maka dari itu manusia akan selalu membutuhkan orang lain.

Tiap-tiap individu pada dasarnya akan bertindak dan berinteraksi dengan individu atau kelompok lain guna mengisi kebutuhan-kebutuhan mereka sehingga individu cenderung akan membentuk ikatan sosial hingga pada akhirnya melahirkan integrasi sosial.

Kesadaran kolektif di perlukan dalam menghadapi pandemi COVID19, karena tiap-tiap individu membutuhkan individu yang lainya 

Kesadaran kolektif dan ikatan sosial juga akan muncul ketika terdapat perasaan senasib dan sepenanggungan antar individu. Hal tersebut mendorong tiap-tiap individu untuk bersatu dan saling terhubung yang mengisyaratkan terjadinya proses integrasi sosial. 

2. Adanya konsensus

Konsensus mengacu pada adanya kesepakatan mengenai nilai dan norma yang berlaku pada kehidupan bermasyarakat. Dalam hal ini, integrasi sosial serta merta terjadi karena merupakan bagian dari nilai dan norma sosial yang berlaku sejak lama.

Pancasila merupakan konsensus nasional yang berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia

Sebagai contoh, sebagai orang yang terlahir di wilayah Indonesia, kita secara otomatis menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pancasila, UU Dasar 1945 dan Bhineka Tunggal Ika adalah bagian nilai dan norma yang mengikat kita sebagai warga negara Indonesia untuk hidup rukun, damai dan harmonis terlepas dari fakta adanya perbedaan suku, ras serta agama.

3. Manusia merasa membutuhkan manusia lain dalam memenuhi kebutuhannya

Karena manusia adalah makhluk sosial, tentulah sangat membutuhkan yang lainnya. Dan sesama makhluk sosial haruslah saling melengkapi.

4. Masyarakat meraih dan membentuk nilai-nilai hidup dan norma

Perbedaan latar belakang, budaya dan adat harus kita satukan menjadi satu peraturan yang sifatnya sama tanpa merugikan siapapun

5. Menjalankan nilai-nilai dan norma secara konsisten sesuai peraturan yang dibuat

Hal ini wajib dijalankan karena ini adalah sebagai landasan dalam mengatur kehidupan yang damai. Dan norma-norma yang ada itu seperti hukum tidak tertulis.

6. Toleransi setiap individu atau kelompok

Karena banyaknya latar belakang dari setiap kelompok atau individu, Maka memiliki toleransi akan sangat menjadi hal terpenting adanya integrasi sosial. Karena dengan toleransi semua perbedaan itu tidak akan merugikan siapapun 

7. Memiliki Kesadaran diri sebagai makhluk sosial 

Salah satu syaratnya yaitu setiap kelompok atau individu mampu melakukan kegiatan bersama-sama yang dilakukan untuk kebaikan bersama-sama. Ini merupakan hal yang fundamental yang harus dimiliki oleh setiap orang dalam kehidupan sendiri maupun berkelompok.

8. Visi dan Misi yang sama

Persamaan visi dan misi tentu sangat dianjurkan dalam proses integrasi sosial karena inilah yang akan menjadi peraturan atau tujuan yang akan dicapai dalam melakukan integrasi sosial.


Setelah membaca materi di atas harap untuk mengisi/menjawab pertanyaan di bawah ini dengan benar, untuk dapat mengisi lembar absen.

Petunjuk: Jumlah poin untuk dapat mengisi absen adalah 5 poin


1. Musik dangdut merupakan contoh integrasi sosial dalam bentuk ...?
Akulturasi
Asimilasi
Manipulasi
Korupsi
2. Naruto yang berasal dari suku Jawa menikah dengan Hinata yang bersal dari suku Sunda, pernikahan campuran seperti ini merupakan integrasi sosial dalam bentuk ...?
Akulturasi
Asimilasi
Manipulasi
Kolusi
3. Berikut ini adalah faktor eksternal yang mendorong terjadinya integrasi sosial, Kecuali ...?
Adanya ertambahan penduduk yang heterogen
Adanya sistem pendidikan yang maju
Adanya kontak dengan kebudayaan lain
Adanya musuh dari luar yang harus dihadapi bersama
4. Yang tidak termasuk faktor internal penghambat integrasi sosial adalah....?
Mempertahankan sikap tradisional
Adanya prasangka buruk terhadap kelompok lain
Adanya sikap primordialisme
Perkembangan ilmu pengetahuan yang lambat
5. Kesepakatan bersama mengenai nilai dan norma yang ada di masyarakat di sebut ...?
Konsensus
Kondektur
Kompresor
Komposer



Comments

Popular posts from this blog

Latihan Soal Kelas 8 Bagian 1

Pra PAS IPS Kelas 8 Bagian 2

Latihan Soal Kelas 9 Bagian 1